Kamis, 23 Juni 2011

PIPI KENA LOMBOK

Info info.......Bagi para koki, hobby masak.  Mana lombok,  lombok aduhh........ketajaman rasa.  Rasain pedasnya,  tidak akan terasa lagi pipi yang panas akibat lombok bahkan dingin dingin sejuk yang terasa.  Kurang jelas kirim pesan ke facebook saya....cerystraw_rich@yahoo.com



Manfaat Minyak Kelapa Untuk Pengobatan

Khusus bagi ibu rumah tangga, siapa yang tidak mengenal minyak kelapa? Minyak kelapa sebagai salah satu bahan pokok ini sangat diperlukan untuk kepentingan memasak berbagai makanan sehari-hari. Minyak kelapa dibuat dari bahan dasar buah kelapa yang diawali dengan pemebuatan santan sebagai cairan hasil ekstraksi dari kelapa parut dengan menggunakan air, kemudian diproses dengan pemanasan hingga muncul minyak.


Secara sekilas minyak kelapa yang biasa kita letakkan di dapur, selain untuk kepentingan memasak, ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk pengobatan. Konon sejak dari jaman dahulu minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk minyak rambut yang bisanya digunakan pada anak kecil dan bayi agar pertumbuhan rambut menjadi subur. Ternyata minyak kelapa dapat menghitamkan rambut dan menguatkan akar dengan pemakaian cukup seminggu sekali secara teratur. Benar atau tidaknya, yang pasti hingga jaman sudah modern, penggunaan minyak kelapa untuk rambut masih digunakan hingga saat ini. Tapi selain daripada itu ternyata masih banyak manfaat lain dari minyak kelapa, berikut manfaat dan cara pengobatan dengan menggunakan minyak kelapa:


1. Obat pereda sakit gigi.


Gunakan kapas sebesar lubang pada gigi yang sakit, celupkan pada minyak lalu panaskan kapas tadi di atas api jangan sampai terbakar, lalu masukkan dalam lubang yang ada di gigi kita, biarkan sampai kapas menjadi dingin. Hal ini dapat meredakan sakit gigi karena berlubang.


2. Penurun panas pada bayi dan anak.


Parut 3 buah bawang merah lalu beri perasan jeruk nipis, lalu campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan auk hingga merata. Oleskan pada kepala bagian ubun-ubun bayi atau anak yang demam.


3. Masuk angin dan pegal-pegal.


Sebagai bahan untuk kerikan (kerokan-bahasa Jawa), minyak dioleskan pada bagian badan di punggung untuk selanjutnya dikerik. Cara pengobatan ini biasanya untuk membantu menyembuhkan masuk angin.


4. Menghilangkan varises pada kaki.


Oleskan minyak pada bagian yang terdapat varises,lalu gosok berulangulang dengan sendok hingga kulit terlihat kemerah-merahan. Lakukanlah setiap pagi dan sore hari sampai varises itu hilang.


5. Obat hidung mampet akibat pilek.


Sebagai pengobatan atradisionil, oleskan minyak pada bagian kanan kiri hidung untuk mengurangi keluhan hidung mampet


6. Obat diare


Sebagai obat luar, rebus selembar daun pepaya dan 1 sendok minyak kelapa, setelah layu tempelkan pada bagian perut dalam keadaan masih hangat.


7. Obat penyakit kulit (panu/kadas/kurap)


Gunakan 1 sendok makan minyak yang diampur dengan 5 lembar daun jinten dan 3 butir bawang putih ditumbuk halus kemudian aduk hingga rata lalu oleskan digosokkan pada kulit yang sakit.


8. Bahan untuk pemijatan tubuh.


Pada anak kecil, campuran minyak kelapa dengan sedikit minyak telon atau minyak kayu putih membantu pemijatan secara refleksi untuk penyembuhan sakit batuk dan pilek.


9. Mengobati bengkak pada kaki


Campurkan minyak kelapa dengan parutan kunyit dan asam jawa lalu oleskan secara merata pada kaki yang bengkak, selain untuk mengobati kaki luka yang bernanah.


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan yang diproses dengan menggunakan minyak kelapa antara lain adalah hindari pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang karena asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa akan teroksidasi menjadi peroksidan. Sebagian peroksidan ini menghasilkan aroma yang membuat masakan menjadi lezat. Namun produk peroksidan lainnya bersifat radikal bebas yang sangat merugikan kesehatan.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar