Rabu, 22 Juni 2011

KUKU SEHAT

Info.... Kuku sehat tidak hanya cantik.  Kuku juga perlu perawatan.  Kuku menyimpan sejuta rahasia.  Dengan menjentik kuku bisa mengawetkan gigi.  Dapatkan keterangan lebih lanjut dengan langsung kirim pesan ke facebook.......cerystraw_rich@yahoo.com



Tak cukup kuku kaki dan tangan anda tampak cantik. Kuku juga harus sehat. Di bawah ini ada 11 cara untuk menjaga kesehatannya dan semua itu bisa anda lakukan sendiri. Sebagian merupakan anjuran yang dimuat dalam ehow.com.
1. Jaga kebersihan kuku, dengan mencucinya, termasuk mengeluarkan kotoran dari dalamnya, dan mengguntingnya. Menggunting kuku sehingga menjadi tak terlalu panjang akan mencegah kuku patah. Selain itu, lebih panjang kuku, lebih mudah menampung kotoran. Kuku panjang pada kaki anda juga mengganggu kenyaman anda ketika mengenakan sepatu tertutup.
2. Minum suplemen biotin. Biotin menebalkan kuku dan mengurangi kuku tumbuh seperti terkelupas. Dianjurkan, 2,5 miligram per hari. Kuku juga membutuhkan zat-zat zinc dan besi, yang bisa didapat oleh tubuh dengan memakan, sebut saja, daging unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, daging merah tanpa lemak, dan sereal.
3. Hindari produk-produk dengan bahan dasar aseton. Aseton membuat kuku kering. Sebagai gantinya, gunakan produk yang lebih lembut.
4. Berilah tangan anda krim pelembab sekurangnya tiga kali sehari.
5. Jagalah kutikula kuku anda anda. Kutikula itu melindungi akar kuku anda dari infeksi. Karenanya, jangan gunting kutikula di sekitar kuku anda. Untuk merawatnya dengan lembut, dorong dengan handuk, setelah merendam atau menyiram jari-jari anda dengan air, ketika kulit sedang dalam kondisi paling lunak. Pakai juga krim atau minyak kutikula setiap hari untuk membantu mencegah kuku yang tumbuh lepas dari kutikula.
6. Bersihkan alat-alat logam dengan sabun dan air dan kibas-kibaskan kikir kuku setiap kali habis menggunakan perlengkapan itu.
7. Guntinglah kuku dengan hati-hati hanya dengan menggunakan gunting kuku. Jangan mengguntingg kuku terlalu dalam. Kuku ibu jari kaki, yang cembung, berbeda dengan kuku-kuku lain, harus mendapat perlakuan khusus dalam mengguntingnya. Ujung-ujung kuku tersebut harus digunting juga, demi mencegahnya tumbuh menusuk ke dalam jari dan menimbulkan infeksi.
8. Kikirlah kuku dengan bentuk yang tepat. Bentuk yang paling sehat untuk kuku adalah oval agak bujur sangkar. Kuku yang berbentuk betul-betul bujur sangkar mungkin mudah sobek pada sudut-sudutnya, sedangkan yang berbentuk bulat mudah tumbuh seperti terkelupas.
9. Sapukan ridge filler atau cairan penghalus permukaan kuku yang akan dicat. Cairan tersebut tidak cuma akan membuat kuku yang dicat kelak tampak lebih halus, tapi juga menjadikan cat kuku tahan lama.
10. Jauhi bahan-bahan yang mengandung toluene dan formaldehyde. Zat-zat kimia ini bisa membuat kuku kering.
11. Haluskan pinggiran kuku dengan kikir kuku sesudah digunting yang sudah digunting. Lalu, poleslah kuku dengan cat kuku dan biarkan cat itu kering. Setelahnya, poleslah seluruh permukaan kuku dengan pelapis cat kuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar